Call Center 112 Kabupaten Tangerang Layani 30.859 Panggilan, 425 Laporan Gawat Darurat

TANGERANG, Suaraaspirasi.id – Layanan panggilan darurat Call Center 112 Kabupaten Tangerang pada tahun 2023 menerima panggilan/laporan sebanyak 30.859 dari masyarakat.
Kepala Bidang Aplikasi dan Teknologi Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Cecep Khaerudin mengatakan, call center 112 aktif dan melayani laporan kegawatdaruratan secara prima selama tahun 2023. Di antara layanannya, yakni layanan darurat medis, kriminal, bencana, kebakaran, kecelakaan, keamanan dan Ngomong-ngomong. Hal lain seperti membujuk hewan buas, pohon tumbang, dan permintaan informasi.
“Di tahun 2023 kemarin terdapat beberapa kriteria penelpon yang kami terima, ada laporan kegawatdaruratan sebanyak 425 penelpon/pelapor, selanjutnya sebanyak 4.083 penelpon/pelapor meminta informasi dan kami mendapatkan penelpon/pelapor dengan kriteria prank/ghost sebanyak 26.351,” ujarnya saat diwawancarai, Kamis (04/01/2024).
Cecep mengatakan, jumlah tersebut masih didominasi penelpon/pelapor dengan kriteria prank atau ghost yang diterima operator call center 112.
“Contohnya seperti ada penelpon lalu diam tanpa memberikan informasi apapun itu kami menganggap ghost dan jika ada penelpon memberikan informasi namun tidak jelas kronologinya saat ditanyakan itu kami menganggap prank, bagi nomor penelpon/pelapor masuk kriteria tersebut kami memblokir selama 1×24 jam” ungkapnya.
Komposisi petugas Call Center 112 terdiri dari 13 orang yang terbagi menjadi 3 shift (3 orang per-shift dan 4 orang mendapat libur per-hari) ini agar masyarakat dapat melakukan pelaporan dengan cepat, mudah, bijak dan bebas pulsa.
“Dengan adanya call center 112 Kabupaten Tangerang kami berharap dapat memberikan pelayanan yang prima selama 24 jam penuh, dan bagi masyarakat dapat memanfaatkannya dengan bijak,” tutup dia.(one)